Sabtu, 30 Oktober 2010

UGM Kirim 30 Mahasiswa Tangani Merapi

0 komentar



YOGYAKARTA - Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM memberangkatkan Tim Rapid Need Assessment untuk ikut menangani bencana letusan Gunung Merapi. Tim yang terdiri dari 30 mahasiswa tersebut akan melakukan pendataan kebutuhan mendesak yang diperlukan di 23 barak pengungsi di seluruh Kabupaten Sleman. Data yang mereka kumpulkan akan disampaikan melalui sistem informasi online sehingga dapat diakses oleh siapa pun yang berkepentingan.

Koordinator Tim Peduli Merapi PSBA UGM Prof. Dr. Sudibyakto menjelaskan, selain mendata kebutuhan cepat yang diperlukan para pengsungsi, tim relawan mahasiswa ini juga melakukan survai cepat kerentanan wilayah, baik fisik maupun sosial, dan mengevaluasi kelayakan zonasi pemanfaatan ruang. "Kita akan mendata tingkat kelayakan pemanfaatan ruang, seperti kondisi lingkungan, bangunan rumah penduduk, dan segala macamnya," katanya, Kamis 28 Oktober, kemarin.

Menurut rencana, selama satu minggu tim tersebut akan membuat pemetaan tingkat kerentanan dan kerusakan wilayah yang ditimbulkan sebagai dampak bencana letusan Merapi. Informasi tersebut akan disampaikan setiap hari ke posko UGM guna pelaksanaan uji coba standard operating procedure (SOP) untuk tanggap darurat bencana Merapi.

Sudibyakto menyampaikan, saat ini UGM, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan DP2M Dikti tengah menyusun SOP untuk lima jenis bencana di Indonesia, yakni gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, banjir, dan tanah longsor. "Selama ini, tidak ada pelaksanaan SOP dalam penanganan bencana, yang ada hanya kontigensi plan dari masing-masing instansi," tuturnya.

SOP penanganan bencana belum diberlakukan secara nasional karena masih disusun oleh tim ahli. Direncanakan SOP ini akan selesai pada Desember 2010. "SOP tersebut akan diberlakukan secara nasional. Pihak yang tidak melaksanakan akan diberikan sanksi hukum," katanya.

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2010/10/29/373/387704/ugm-kirim-30-mahasiswa-tangani-merapi

Leave a Reply