Sabtu, 23 April 2011

8 Cara yang Benar untuk Merawat Kulit Mata

0 komentar
img

Banyak wanita yang memiliki masalah kecantikan di area mata, khususnya disebabkan karena jenis kulit yang sensitif. Alhasil make-up menjadi alternatif untuk menutupinya. Padahal justru make-up yang salah bisa memperburuk kondisi kulit.

Perlu diketahui, kulit di area mata berbeda dengan kulit wajah di sekitarnya, mengapa? Ia memiliki lapisan paling tipis, lemak lebih sedikit dan tidak memiliki otot di bawahnya.

Hanya ada pembuluh darah yang langsung menghitam jika Anda terlalu lelah dan kurang istirahat. Jadi, ayo kita mempelajari bagaimana merawat kulit super sensitif tersebut agar tetap terlihat segar dan awet muda, seperti yang dikutip dari ourvanity dan berbagai ahli.

1. Tidur malam yang berkualitas
Anda pasti bosan mendengarnya, tapi inilah hal mendasar untuk menjaga kondisi kulit area mata. Tidur yang cukup dan berkualitas. Tidur tapi hanya sebentar, terlalu malam atau sering terbangun sama saja bohong. Konsultasikan ke dokter umum jika Anda memiliki insomnia (susah tidur) dan tanyakan cara terbaik untuk menyembuhkannya.

2. Selamat datang, kacamata hitam!
Ada kalanya kita sering bepergian dan kulit terpapar sinar matahari di atas jam 10 pagi. Sinar matahari di jam tersebut sangat cepat membuat kulit bermasalah, seperti keriput dan flek hitam.

Lindungilah area mata dengan kacamata hitam besar saat berada di ruang terbuka. Ok, mungkin seketika Anda dibilang ingin bergaya seperti selebriti. Acuhkan komentar miring tersebut. Namun jangan pakai kacamata setelah Anda memasuki ruangan, karena Anda memang terlihat seperti kaget mode saat melakukannya.

3. Bersihkan make-up setelah beraktivitas
Anda pastinya sering membaca jika menggunakan make-up saat tidur, Anda akan bangun dengan wajah yang lebih kotor akibat produksi minyak berlebih. Parahnya lagi, jika Anda lupa membersihkan riasan saat pergi tidur, Anda akan memberikan lapisan make-up baru di atas make-up lama, sehingga kulit makin berat bekerja, bernapas dan meregenerasi.

4. Tampil se-natural mungkin
Beberapa wanita bisa menerapkan hal ini dan terlihat tetap memesona dengan trik riasan minimal yang tepat. Praktekkan make-up tipis saat udara terasa sangat panas. Bubuhkan alas bedak saja tanpa foundation cair, lalu sapukan sedikit eyeliner. Agar tetap lembab, semprotkan spray air penyegar. Kulit pun tetap terasa ringan dan Anda tampil prima.

5. Cuci muka dengan air sejuk sesekali
Untuk mengurangi lingkaran mata yang mengganggu, coba biasakan membasuh wajah dengan air sejuk (bukan dingin). Setelah itu, usapkan kembali krim mata agar aliran darah tetap terjaga.

6. Usapan lembut
Area kulit mata yang tipis membutuhkan sentuhan yang lembut pula. Saat mengoleskan krim, serum atau make-up, jangan sesekali menggosok, mengusap atau menekan terlalu keras. Hal ini bisa melukai pembuluh darah terkecil di bawahnya dan membentuk bekas luka kehitaman tanpa disadari.

7. Gunakan krim mata lebih awal
Jangan gunakan krim mata sesaat sebelum tidur. Sebaiknya Anda sudah menggunakannya sejam sebelumnya. Mata yang berkesan bengkak, kerap terjadi akibat mengoleskan krim mata dan langsung tidur.

8. Pelembab
Pelembab merupakan senjata ampuh dalam perawatan kulit. Namun pastikan Anda memilih pelembab mata dengan tekstur seringan mungkin. Pelembab yang teksturnya berupa krim kental dan pekat justru membuat pori-pori kulit mata yang tipis sulit bernapas dan malah menjadikan mata bengkak.

Sumber

Leave a Reply