Kamis, 23 Juni 2011

Cara Tepat Olahraga Agar Tak Cedera

0 komentar


Anda tidak bisa sembarangan melakukan olahraga. Salah-salah justru cedera yang menimpa.

Lalu bagaimana olahraga yang baik bagi Anda sehingga memberi manfaat maksimal. Instruktur fitness dan pemilik gym-center di Amerika Serikat Jody Swimmer memberikan beberapa tips latihan yang aman:

1. Pemanasan dan pendinginan
Anda perlu mempersiapkan tubuh Anda sebelum olahraga dengan melakukan pemanasan lima sampai sepuluh menit, agar darah mengalir, meningkatkan suhu otot, bernapas lebih cepat dan menyesuaikan diri dengan tuntutan beban selama latihan. Setelah latihan berakhir, lakukan pendinginan secara bertahap dengan mengurangi kecepatan sehingga denyut jantung dan pernapasan kembali normal.

2. Peregangan
Peregangan sebelum berpindah dari satu sesi latihan ke sesi lainnya membantu memaksimalkan hasil latihan Anda. Lakukan peregangan selama 30 detik.

3. Gunakan busana yang nyaman
Anda tidak harus membeli pakaian dan perlengkapan olahraga yang mahal, tetapi carilah yang nyaman dan aman. Sepatu yang pas, pakaian sesuai cuaca, dan perlengkapan keamanan lain perlu diperhatikan. Konsultasikan dengan ahli kebugaran Anda.

4. Beri variasi latihan
Cedera dapat terjadi ketika Anda melakukan jenis latihan yang sama berulang-ulang. Selain itu, tubuh akan beradaptasi jika hanya melakukan satu jenis olahraga dan Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari latihan tersebut.

5. Hidrasi
Pastikan Anda menggantikan cairan yang hilang melalui keringat. Jika tidak, Anda akan mengalami dehidrasi, panas dan kelelahan. Aturan yang disarankan adalah minum dua gelas air sekitar 15 menit sebelum latihan dan satu gelas setelahnya. Pastikan Anda juga minum selama latihan, tapi tidak dalam jumlah yang banyak. Air akan meresap cepat setiap 15 sampai 20 menit selama aktivitas.

6. Perhatikan bahasa tubuh
Normal jika Anda merasa sakit 12 sampai 24 jam setelah latihan. Tapi jika rasa sakit itu berlangsung selama atau segera sesudah latihan, segera konsultasikan pada ahlinya. Hal ini juga berlaku ketika terjadi nyeri otot lebih dari seminggu.


Sumber : http://www.tribunnews.com

Leave a Reply