Minggu, 18 Desember 2011

6 Cara Alami Atasi Rambut Berketombe

0 komentar
img

Memiliki masalah dengan kotembe memang menyebalkan. Selain membuat rambut rusak dan menimbulkan rasa gatal, ketombe juga merusak keindahan rambut Anda. Jika shampo ketombe Anda tidak bisa mengatasi masalah ini, cobalah cara alami, seperti dikutip dari All Women Stalk berikut ini.

1. Chamomile Tea

Kulit kepala yang sensitif membuat kulit kepala Anda mudah terkelupas, hal inilah yang menyebabkan timbulnya ketombe. Kulit kepala yang sensitif rata-rata mengalami kekeringan sehingga yang perlu Anda lakukan adalah menenangkan dan melembabkan kulit kepala Anda.

Chamomile tea dipercaya memiliki efek anti-inflamasi dan memberikan ketenangan. Cobalah cara berikut untuk mengatasi ketombe Anda. Cucilah rambut Anda menggunakan sampo netral, kemudian aplikasikan kondisioner. Bilas menggunakan air hangat sampai bersih, kemudian bilas lagi menggunakan teh chamomile dingin.

2. Sage Tea

Jika Chamomile tea memberikan efek anti-inflamasi dan menenangkan, maka sage tea ini memberikan efek untuk memerangi jamur dan bakteri pada kulit kepala Anda. Sage tea juga mengandung minyak esensial yang berfungsi mengurangi ketombe dan memperbaiki rambut yang rusak.

Cara penggunaanya sama seperti Chamomile tea. Cucilah rambut Anda terlebih dulu menggunakan sampo netral, kemudian bilas. Aplikasikan kondisioner dan bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Langkah terakhir, bilaslah rambut Anda menggunakan sage tea dingin.

3. Tea Tree Oil

Kelebihan minyak pada kulit kepala juga salah satu penyebab munculnya ketombe. Minyak yang terbuat dari pohon teh, mampu mengontrol minyak pada kulit kepala Anda. Caranya, campurlah tea tree oil dengan lidah buaya dengan perbandingan 1:1. Gunakan campuran tersebut sebagai minyak rambut Anda. Sebaiknya pakai campuran tersebut, jika memang Anda tidak berencana keluar rumah. Oleskan minyak ini di pagi hari, dan cucilah rambut di sore hari ketika Anda mandi.

4. Minum Air Putih Secukupnya

Tidak hanya kulit tubuh saja yang akan bereaksi ketika Anda dehidrasi, kulit kepala Anda juga akan mengalami kekeringan dan sel kulit mati akan bertambah dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini juga dapat memicu timbulnya ketombe. Oleh karena itu, minumlah air putih secukupnya agar terhindar dari dehidrasi dan masalah kulit lainnya.

5. Baking Soda atau Soda Kue

Jamur dan bakteri adalah penyebab rambut berketombe. Soda kue yang terdiri dari natrium bikarbonat mampu meningkatkan PH kulit kepala Anda, yang akan membuat kulit kepala lebih asam sehingga jamur dan bakteri tidak akan betah berlama-lama di sana. Caranya, cucilah rambut Anda dengan shampo, kemudian bilas. Selanjutnya cucilah rambut Anda menggunakan baking soda dan bilaslah sampai bersih.

6. Mengonsumsi Bawang

Jamur dan bakteri sangat suka dengan tempat yang kadar asamnya rendah. Jika Anda suka makanan manis dan mengandung banyak gula, bisa saja hal ini berpengaruh pada pertumbuhan jamur dan bakteri di kepala Anda. Untuk itu, konsumsilah bawang. Selama ini bawang dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain terhindar dari berbagai penyakit gula, Anda juga bisa meminimalkan ketombe pada kepala Anda sekaligus menjauhkan diri Anda dari infeksi jamur vagina

Sumber : http://www.wolipop.com/read/2011/12/18/103518/1793735/234/6-cara-alami-atasi-rambut-berketombe?w992201835

Leave a Reply