Sabtu, 07 Januari 2012

Merawat Denim Agar Warnanya Tidak Pudar

0 komentar

Bagaimana cara mencuci denim agar tidak luntur warnanya? Bahan denim merupakan bahan yang awet. Tetapi jika tidak dirawat dengan baik, warna bahan ini bisa lekas pudar. Berikut beberapa cara agar denim kamu tetap menarik.

  1. Sebelum merendam atau mencuci, pisahkan denim dari pakaian lainnya. Jika kamu mencuci dengan mesin, jangan mencampur denim dengan pakaian lain.
  2. Rendam dan cuci menggunakan air hangat-hangat kuku agar kotoran yang melekat mudah hilang. Air yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menghalangi serat kain sehingga membuat kotoran yang melekat susah hilang.
  3. Jangan menggunakan bahan kimia pada busana denim, seperti memberinya pemutih. Hal ini bisa membuat warna busana denim kamu cepat memudar.
  4. Bila celana jeans dipenuhi pasir-pasir halus seusai kamu bermain di pantai, jangan membasahinya dengan air dan menyikatnya untuk menghilangkan kotoran yang menempel itu. Ambil sebaskom air yang baru mendidih kemudian tempatkan bagian celana yang kotor itu di atasnya, lalu diamkan selama 5 atau 10 menit. Kotoran yang melekat itu akan terangkat. Ganti isi baskom dengan air bersih yang telah dicampur detergen, rendam beberapa saat. Jika masih ada kotoran yang melekat, kucek perlahan dengan tangan
  5. Untuk kemeja dan blus denim, sebaiknya dicuci setiap kali habis dipakai.
  6. Hindari menjemur busana denim kamu di bawah terik matahari langsung. Tapi tempatkan dimana sinar matahari jatuh diagonal pada denim yang dijemur
  7. Hindari menyetrika dengan suhu yang terlalu panas karena bisa menyebabkan munculnya bercak-bercak putih. Suhu yang dianjurkan adalah 60 derajat Celcius.
  8. Setrika denim dengan membalikkan sisi dalamnya ke luar.
  9. Jangan menyetrika denim dalam keadaan lembab, karena bisa menimbulkan jamur berwarna biru yang membuat bahan denim cepat lapuk.
  10. Sebaiknya denim disimpan menggunakan cara digantung dengan hanger agar tidak terjadi perubahan warna pada denim. Ini juga untuk menghindari munculnya garis bekas lipatan pada denim kamu.


Sumber : http://www.facebook.com/notes/garlick-store/tips-merawat-denim-agar-warnanya-tidak-pudar-/361971383819698

Leave a Reply