Kamis, 25 November 2010

Inilah Perusahaan Penyebab Kacaunya Jadwal Garuda

0 komentar

Kacau balaunya sistem jadwal penerbangan Garuda Indonesia dikarenakan perusahaan penyedia sistem Information Technology (IT) Garuda masih minim pengalaman.

Headline


Ketua Bidang Humas Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) Tomy Tampatty mengatakan, perusahaan penyedia jasa Integrated Operational Control System (IOCS) tersebut adalah PT Aero System Indonesia (Asyst) yang masih anak usaha Garuda.

"Asyst ini sejak lahirnya sudah bermasalah, dia kelanjutan dari proyek gagal PT Lufthansa System Indonesia (LSI) yang dibuat pada 2005," terang Tomy kepada INILAH.COM, Kamis (25/11/2010).

Tomy menerangkan, Asyst awalnya adalah perusahaan patungan antara Garuda dengan Lufthansa bernama PT Lufthansa System Indonesia (LSI). Komposisi pembagian sahamnya 51% milik Garuda dan 49% milik Lufthansa.

"Ternyata LSI ini gagal, lalu sahamnya yang 49% itu di-buyback oleh Garuda senilai 5,5 juta Euro melalui anak usaha yang diberi nama Aero System Indonesia (Asyst) itu," terang Tommy.

PT Asyst inilah yang menjadi perusahaan penyedia layanan teknologi untuk transportasi dan perjalanan Garuda Indonesia. Namun sistem teknologi yang digunakannya kemudian menyebabkan kekacauan. "Dari sinilah sumber masalahnya, makanya harus ada investigasi pemerintah terhadap Garuda yang kacau balau ini," seru Tomy.


Hingga berita ini diturunkan pihak Garuda Indonesia belum memberikan keterangan soal keterlibatan PT Aero System Indonesia dalam pengadaan Integrated Operational Control System (IOCS) yang digunakan Garuda saat ini.


Seperti diberitakan, Sejak Minggu (21/11/2010), sistem baru yang mengintegrasikan sistem alam perusahaan penerbangan ini mengalami gangguan teknis. Integrated Operational Control System (IOCS) Garuda Indonesia yang di dalamnya menyinergikan jadwal penerbangan, pergerakan pesawat, serta awak kabin tidak berjalan sesuai harapan.

Akibat ketidaksesuaian antara jadwal awak kabin dan jadwal penerbangan yang ada, maka hal tersebut yang mengakibatkan sejumlah penerbangan Garuda delay hingga 7 jam dan bahkan di antaranya dibatalkan.


Sumber : http://nasional.inilah.com/read/detail/1003672/inilah-perusahaan-penyebab-kacaunya-jadwal-garuda

Leave a Reply