Sabtu, 18 Desember 2010

Stres Dapat Merusak Kulit Anda!

0 komentar



Banyak wanita mengalami penuaan dini meski usia masih terbilang muda. Anda harus tahu faktor-faktor apa saja yang memicu timbulnya penuaan dini pada kulit tubuh Anda.

Dermatolog Dr Art Papier, pendiri dan chief scientific officer of Logical Images in Rochester New York mengatakan penuaan dini pada wanita bisa timbul akibat stres yang diderita. Mengapa demikian? Ini penjelasannya, seperti dikutip dari laman Sheknows:

Kesehatan kulit secara langsung berhubungan dengan stres
Menurut Dr Papier, pengembang situs kesehatan terkemuka, www.visualdxhealth.com meyakini bahwa tentu ada hubungan langsung antara jerawat, stres dan kesehatan kulit.

"Bukti klinis menunjukkan itu ada hubungannya dengan hormon," jelas dokter kulit. " Saat stres, tingkat kortisol, yang merupakan hormon stres utama, meningkat. Hal ini pada gilirannya menurunkan produksi kolagen dan menyebabkan peradangan. Hasilnya adalah psoriasis, jerawat dan rosacea. Dan, jangan lupa stres bisa menimbulkan garis-garis halus dan kerutan! "

Kondisi kulit diperburuk oleh stres
Ini bukan suatu kebetulan bahwa Anda mengalami breakout pada saat stres meningkat. "Setiap hari dermatologists melihat pasien yang memiliki beberapa manifestasi dari stres yang terlihat pada kulit," kata Dr Papier. Dan tidak terbatas pada jerawat.

"Stres dapat memperburuk kondisi kulit dan bahkan bisa mengembangkan penyakit menular, seperti herpes dan herpes zoster infeksi virus, yang nyata pada kulit," tambahnya.

Kondisi gatalpun bisa diperburuk oleh stres, yang dikenal sebagai urtikaria dalam istilah medis. Bentuk penyakitnya bisa berkembang menjadi eksim, dan gatal kronis, seperti chronicus lichen simplex, kondisi dimana gatal dan menggosok menjadi lingkaran setan yang mengakibatkan kulit jadi kronis.

Siklus gatal dan keinginan untuk menggaruk yang terjadi selama stres dapat merusak kulit yang sudah berkompromi dengan jerawat atau kondisi kulit lainnya. Ia bahkan bisa berubah menjadi suatu keharusan kronis. Dr Papier menjelaskan, "Kondisi diperburuk oleh stres berkisar dari jerawat umum yang dipanen oleh pasien yang merasa cemas atau gugup, kondisi dermatologi berat seperti nodularis prurigo, suatu kondisi yang terlalu keras menggaruk dan mengakibatkan luka atau lecet pada kulit.”

Stres terkait dengan gatal-gatal
Menurut Dr Papier, pasien dengan gatal yang parah sering curhat ke dokter mereka bahwa mereka stres atau merasa tegang. "Hubungan antara sensasi gatal dan mekanisme refleks menggaruk jelas," kata ahli kulit. "Hanya menyebutkan kata atau kutu kudis di kamar bisa menyebabkan orang merasakan gatal dan mulai menggaruk!"

Namun, mekanisme bagaimana stres menyebabkan gatal tidak sepenuhnya jelas. Tentu saja, ada faktor-faktor genetik yang berinteraksi dengan faktor-faktor hormonal dalam kondisi seperti jerawat atau rosacea, tapi di atas faktor-faktor ini adalah dampak dari stres. "Stres meningkatkan kemungkinan bahan kimia alami tertentu dalam kulit dan pembuluh darah kulit dapat menyebabkan peningkatan aliran darah dan kemerahan dalam kondisi seperti rosacea," jelas Dr Papier. "Stres juga bisa terjadi akibat dampak sistem kekebalan tubuh, yang dapat membuat individu lebih rentan terhadap penyakit menular."

Temukan cara untuk mengelola stres Anda
Selain merusak kulit dan mengganggu pikiran stres juga bisa membuat Anda menderita. Untuk itu kendalikan stres Anda. Penting untuk mengetahui bagaimana cara mengelola stres yang dialami seseorang. Jika Anda merasa bahwa beban stres terlalu banyak bagi Anda dangan sangat sulit ditangani sendiri, tak ada salahnya, bertukar pikran dengan keluarga atau kerabat. Atau Anda juga bisa melakukan konsultasi pada dokter spesialis untuk segera mendapatkan solusinya.

Dr Papier menyatakan bahwa mengelola stres lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. "Sangat mudah bagi dokter untuk mengatakan: "minimalkan stres," untuk pasien. Tapi jika pasien memiliki kehilangan pekerjaannya atau memiliki poin stres besar lainnya dalam hidup, kata-kata seperti nasihat benar-benar tidak membantu.

Namun, Anda bisa memperhatikan kebiasaan perawatan kulit Anda dan meminimalkan kerusakan lebih lanjut dengan mengikuti saran dokter kulit Anda untuk mengambil perawatan terbaik saat mengalami stres tinggi.

Sumber : Vivanews

Leave a Reply