Kamis, 28 Juli 2011

6 Tips Dalam Memelihara Hewan Anjing Peliharaan

0 komentar
6 Tips Dalam Memelihara Hewan Anjing Peliharaan
Semua menginginkan hewan peliharaan yang sehat, dan bersih. Namun, sebagian besar orang-orang merasa malas untuk merawat hewan peliharaannya. Banyak sekali alasan yang berbeda-beda dalam merawatnya. Ada yang sibuk karena pekerjannya, sibuk dengan aktifitas dia yang tidak bisa ditinggal, tidak ada waktu, malas untuk merawatnya, dll.

Ya, memiliki dan memelihara seekor anjing tidaklah mudah. Terutama dalam hal perawatannya. Apalagi dengan kondisi kita yang berada di Indonesia, yang dimana sebagian besar wilayahnya merupakan daerah tropis yang cenderung panas, memelihara anjing tentu lebih memerlukan perhatian yang serba ekstra. Belum lagi bagi mereka para pecinta jenis anjing yang berbulu panjang. Wow. pada saat musim panas, siap-siap saja untuk menghadapi badai bulu (doggie hair storm).
Tidak hanya sampai ini saja anda bisa melihat bagaimana cara untuk merawat hewan peliharaan anda agar bisa terawat, yaitu :

Pertama yang perlu anda sadari adalah apa dan darimana asal anjing anada yang sekarang anda milki. Maksudnya adalah, sebelum memulai perawatan kenali dulu anjing peliharaan anda. Terutama bagi penggemar anjing ras, karena banyak dari jenis anjing ras yang berasal dari daerah atau negara yang memiliki iklim jauh lebih dingin daripada Indonesia. Jika anjing yang anda miliki berasal dari daerah yang beriklim dingin, maka anda harus siap dengan perawatan yang super ekstra.

Selain mengerti tentang silsilah anjing, anda pun harus memahami tentang kondisi fisik anjing sekarang, apakah dia jenis anjing berbadan besar, sedang atau jenis anjing berbadan kecil ( Toys). Disamping itu, pemahaman tentang kondisi bulu juga sangat diperlukan. Sudah tentu kita harus memberikan perhatian lebih pada jenis anjing berbulu panjang.

Setelah anda memahami jenis dan silsilah anjing, maka yang berikutnya adalah metode perawatan tubuh anjing. Untuk itu silahkan simak beberapa 6 langkah berikut.

1. Biasakan mengawali hari dengan membersihkan bagian wajah anjing mulai dari mata, telinga, hidung dan mulut. Sebaiknya menggunakan sejenis kain lembut yang telah dibasahi dengan air.

2. Anjing pada dasarnya senang dengan air, namun memandikan anjing terlalu sering dapat membawa dampak yang kurang baik bagi perawatan bulu anjing, terutama yang berambut panjang. Disarankan untuk memandikan anjing 1-2 kali seminggu pada kondisi normal. Setelah dimandikan, usahakan agar bulu anjing benar-benar dalam keadaan kering.

3. Rajinlah untuk memotong kuku anjing yang sudah panjang. Namun perlu diingat, jangan sampai kita memotong pembuluh darah kuku anjing pada bagian yang tampak lebih terang.

4. Upayakan untuk selalu membersihkan bulu anjing dari kotoran yang menempel dengan cara menyisir atau menyikat.

5. Sesekali waktu periksalah gigi anjing dan bersihkan dengan menggunakan sikat gigi.

6. Berikan obat cacing, dan vaksinasi sesuai dengan umur anjing.

Hal yang harus anda perhatikan selain diatas, anda juga harus membersihkan dan menjaga sekitar lingkungan anda untuk menjaga kesehatan anda maupun anjing kesayangan anda agar tidak terkena hal-hal yang tidak diinginkan. Tempat anjing kesayangan anda juga harus bersih, jangan sampai tempat anjing yang anda pakai itu kotor, karena jika kotor itu akan mengganggu kesehatan pada anjing anda. Maka dari itu, perlu anda perhatikan juga karena mencegah lebih baik daripada mengobati.Itulah yang bisa anda terapkan dan bisa sedikitnya membantu anda dalam memelihara anjing kesayangan anda.

Sumber : http://www.lintas.me/go/4e30830e60e53704f1006d0c

Leave a Reply