Rabu, 24 Agustus 2011

Ada 7 Juta Spesies Bumi Belum Ditemukan

0 komentar


Bumi ternyata menyimpan berjuta rahasia. Para ilmuwan memperkirakan bahwa masih ada nyaris 7 juta spesies yang belum diketahui tapi sudah bertahun-tahun hidup di Bumi.



Sejumlah peneliti menyimpulkan, ada 8,8 juta spesies di Bumi. Dan hingga kini baru 1,9 juta spesies telah teridentifikasi. Penemuan terbaru bahkan sangat kecil dan aneh: kadal sebesar dadu dan lobster mini berambut yang buta di dasar lautan.



"Kita benar-benar tidak sadar atas kerumitan dan keanekawarnaan dari planet luar biasa ini," kata salah satu peneliti, Boris Worm, guru besar biologi dari Universitas Dalhousie, Kanada.



Meski ada yang meragukan pentingnya mengetahui semua spesies ini, Worm dan sejumlah ilmuwan percaya ini sangat penting. Bisa saja ada keuntungan potensial dari spesies yang belum diketahui ini, kata biolog Harvard, Edward O. Wilson, yang tidak terlibat studi ini. Wilson melansir, sejumlah pengobatan modern datang dari tumbuhan atau hewan yang tak biasa.



"Kita belum tahu keuntungannya untuk kemanusiaan, yang potensial sangat besar," kata pemenang Pulitzer itu. "Jika kita ingin meningkatkan ilmu pengobatan, kita harus tahu apa saja yang ada di alam."



Sebelumnya, biolog memperkirakan spesies di Bumi antara 3 juta sampai 100 juta. Tak ada angka pasti.



Sampai Worm dan Camilo Mora dari Universitas Hawaii menggunakan pemodelan matematika rumit dan sejumlah penemuan tidak hanya berdasarkan spesies tapi juga klafisikasi lebih tinggi seperti famili.



Dalam studi yang dipublikasikan Selasa, 23 Agustus 2011 di jurnal PLoS Biology, mereka menghitung ada nyaris 8,8 juta spesies di Bumi. Dari jumlah itu, 6,5 juta berada di daratan dan 2,2 juta di lautan. Kerajaan hewan mendominasi dengan 7,8 juta spesies, fungi (jamur) sekitar 611.000 dan tanaman sekitar 300.000 spesies.



"Banyak dari spesies yang menunggu ditemukan ini dapat ditemukan di kebun belakang rumah," kata Mora.



Peneliti yang tidak ikut penelitian ini, seperti Wilson, menyebut taksiran itu terlalu rendah. Wilson mempercayai angkanya antara 7,5 juta sampai 10,1 juta spesies.



Dari 1,9 juta spesies yang telah ditemukan, hanya sekitar 1,2 juta telah didaftar masuk Ensiklopedi Kehidupan, sebuah upaya internasional massif untuk mencatat semua spesies.



Jika benar ada 8,8 juta spesies, "Itu angka yang brutal," kata Direktur Eksekutif Ensiklopedi Kehidupan Erick Mata. "Kita bisa menghabiskan waktu 400 sampai 500 tahun untuk mendokumentasikan spesies yang benar-benar hidup di planet kita," katanya.



Sumber : http://teknologi.vivanews.com/news/read/242820-ada-7-juta-spesies-bumi-belum-ditemukan

Leave a Reply